Jumat, 18 Juli 2014

Basis Data Lanjut ( Join dan Jenis-jenisnya )





بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Join Merupakan sebuah operasi yg digunakan untuk mendapatkan data gabungan dari dua tabel atau lebih. Operasi ini digunakan dalam bentuk perintah SELECT dan biasanya dipakai untuk memperoleh detail data dari tabel-tabel yang saliing terkait ( meliki relasi ).
Operasi JOIN pad ORACLE yaitu :

·         Berdasarkan tanda pembangding pada klausa where :
            Equi Join : yaitu antara dua tabel yang kondisi joinnya menggunakan tanda sama dengan (=).
            Non-Equi Join : yaitu join antara dua tabel yang kondisi joinnya menggunakan selain tanda sama dengan seperti : <, >, between dan sebagainya.

·         Berdasarkan data yang dihasilkan :
Inner Join : menghasilkan data yang bersesuaian atau data yang memenuhi kondisi join saja. Data yang tidak sesuai atau tidak mempunyai pasangan di tabel lawannya tidak akan dimunculkan.
·         Outer Join  : Join yang dihasilkan merupakan gabungan dari data yang bersesuaian atau data yang memenuhi kondisi join dan data yang tidak punya pasangan di tabel lawannya. Selanjuntya Outer Join dibagi lagi menjadi left Outer Join, Right Outer Join, dan Full Outer Join.

·         Left Join : Apabila ingin menampilkan semua data di tabel kiri yang memiliki atau tidak memiliki pasangan. Penentuan Left Outer Joinmaka tanda (+) diletakkan disisi kanan tanda pembanding.

·         Right Join : Apabila ingin menampilkan semua data di tabel kanan yang memiliki atau tidak memiliki pasangan. Penentuan Right Outer Joinmaka tanda (+) diletakkan disisi kiri tanda pembanding.

·         Full Outer Join : Merupakan hasil gabungan dari left dan right join. Untuk menggabungkan dengan menggunakan operator UNION.

·         Selft Join : Merupakan join antar kolom dalam satu tabel. Join dengan satu tabel yang sama sebenarnya tidak bisa dilakukan, self join dilakukan dengan menggunakan tabel alias. Jadi satu tabel dibuat menjadi dua tabel alias sehingga seolah-olah join dilakukan dari dua tabel yang berbeda.

·         Natural Join : dilakukan antar dua tabel dengan ketentuan:
- Ada kolom yang sama pada kedua tabel
- Kolom yang namanya sama hanya ada satu kolom
- Data yang muncul adalah data yang saling bersesuaian di antara dua tabel atau inner join.
Dengan adanya kondisi tersebut maka otomatis join dilakukan melalui kolom yang namanya sama.
·         Klausa Using : merupakan pengembangan dari natural join, dengan ketentuan sebagai berikut:
-          Jika ada lebih dari satu kolom yang namanya sama pada tabel yang akan di di-join.
-          Klausa using digunakan untuk menentukan nama kolom yang akan digunakan sebagai kondisi join.
-          Pada nama kolom yang digunakan pada klausa using tidak boleh diawali dengan nama tabel.
-          Klausa ON
Memungkinkan dilakukan join pada dua tabel  walaupun pada kedua tabel tersebut tidak ada kolom yang namanya sama untuk dijadikan sebagai kondisi join tetapi data pada kolom tersebut bersesuaian sehingga memungkinkan untuk dilakukan join.

·         Cross Join : Menghasilkan kombinasi semua baris yang terdapat dalam tabel-tabel yang digabungkan, baik itu yang tidak berpasangan maupun yang berpasangan. Bentuk paling sederhana dari penggabungan 2 buah tabel akan membentuk perkalian Cartesian.



Terima Kasih Semoga Bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar